Wikipedia

Hasil penelusuran

Rabu, 01 Maret 2023

SEBUT DAN JELASKAN MODE TERBANG DRONE BOMBER POLTEKAD

 Komponen & Cara Kerja Drone Bomber Poltekad Kodiklatad

 

Drone adalah pesawat tanpa awak atau pesawat nir awak. Secara spesifik drone merupakan UAV (Unmanned Aerial Vehicle) atau kendaraan udara tanpa pilot. Sejarah drone tidak terlepas dari situasi perang. Awalnya drone diciptakan untuk pengintaian. Kemudian untuk meningkatkan kualitas hidup manusia drone dikembangkan sesuai kebutuhan penggunaannya. Misalnya untuk penelitian. Cara kerja drone juga turut berkembang sesuai teknologi terbaru.

 

Jenis-Jenis Drone Berdasarkan Baling-Baling dan Cara Kerja Drone

Berdasarkan baling-balingnya, Drone terbagi atas Fixed Wing Drone dan Multicopter Drone.

1. Fixed Wing Drone (Baling-Baling Tunggal)

Drone dengan baling-baling tunggal biasanya punya kecepatan tinggi dengan daya jangkau lebih luas. Cara kerja drone terbang berbaling-baling tunggal menggunakan prinsip kerja yang sama dengan pesawat terbang/pesawat komersil. Motornya diletakkan horizontal sehingga baling-balingnya bisa menggerakkan badan drone secara horizontal pula. Sayap dan badan dibuat aerodinamis agar daya angkat lebih maksimal pada saat bergerak horizontal.

Cara kerja fixed wing drone ini lebih sering digunakan untuk pemetaan (mapping) serta scanning dengan baterai yang lebih irit.

2. Multi Copter/ Multi Rotor Drone

Berbeda dengan Fixed Wing, drone multi rotor cara kerjanya lebih mirip dengan helikopter dimana motornya diposisikan secara vertikal sehingga baling-baling akan membuat daya angkat juga secara vertikal.

Cara kerja drone terbang berbaling-baling banyak (multi) ini lebih cocok untuk membuat video udara, karena lebih stabil. Selain itu karena baling-balingnya banyak daya angkut drone jadi lebih kuat dan lebih aman.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar