Wikipedia

Hasil penelusuran

Selasa, 14 Februari 2023

JENIS JENIS UAV dan DRONE COPTER

 

2.1  Jenis-Jenis Unmaned Aerial Vehicle (UAV)

 

Adapun jenis unmaned Aerial Vehicle (UAV) secara umum terbagi menjadi dua macam antara lain :

2.2.1        Fixed Wing

Jenis fixed wing ini menggunakan sayap untuk terbang, jenis fixed wing ini sendiri memiliki beberapa bentuk dan ukuran, tergantung pada kegunaannya masing-masing. Jenis fixed wing ini bisa ditenagai oleh batre.


                                                                    Gambar 2.1 Fixed Wing (taufiqurrahman, 2018)



2.2.2        Multirotor

 

    Multirotor adalah drone yang menggunakan baling-baling (Propellers) untuk terbang yang memanfaatkan gaya angkat yang dihasilkan dari putaran motor yang terpasang propeller



                            Gambar 2.2. Multi Rotor (taufiqurrahman, 2018)



2.3  
Rotary wing (Multirotor)

 

        Rotary wing adalah drone yang menggunakan baling-baling (propeller) untuk terbang, drone jenis ini biasanya dikenal dengan multicopter atau multirotor. Untuk penamaannya disesuaikan dengan banyaknya motor atau propeller. Ada beberapa jenis tipe multirotor berdasarkan jumlah motor dan propeller.


2.3.1   Satu Baling-Baling (Single Copter)

 

Drone ini memiliki satu buah mesin utama dan penyeimbangnya ditambah mesin penyeimbang dibagian ekornya, bentuknya benar-benar mengadopsi helicopter, sehingga untuk terbang membutuhkan baling- baling penyeimbang




Gambar 2.3 Single Copter (liu purnomo, 2018)


2.1.1   Dua Baling-Baling (Doublle Copter)

            Double copter sama seperti single copter hanya saja double copter memiliki dua buah baling-baling utama yang besarnya sama, dan tidak memiliki baling-baling penyeimbang, desainnya meniru jenis helicopter pengangkut yang memiliki dua mesin utama.



Gambar 2.4 DoubleCopter (liu purnomo, 2018)


2.1.1    Tiga Baling-Baling (Three Copter)

Three copter memilki tiga buah baling-baling (propeller) utama yang terdapat dibagian rangka (frame). Drone ini mudah untuk diterbangkan namun masih banyak kendala ketika menerbangkan drone ini, seperti sulit dikendalikan karena mudah terhempas oleh angin.





2.1.1    Empat Baling-Baling (Quad Copter)

Quad copter memiliki empat baling-baling (propeller) utama yang terdapat dibagian rangka (frame). Quad copter mudah untuk diseimbangkan dibandingkan dengan tree copter karena memiliki empat baling-baling (propeller).






2.1.1    Enam Baling-Baling (Hexa Copter)


Hexa copter sebernarnya sama seperti quad copter hanya saja hexa copter memilki enam baling-baling (propeller) dan drone akan lebih stabil yang cocok digunakan untuk pengambilan gambar. Namun, karena bertambahnya dua buah motor penggerak baterai lebih cepat habis dibandingkan dengan quad copter.





2.1.1    Delapan Baling-Baling (Octo Copter)

Octo copter adalah sebuah drone yang memiliki delapan buah baling-baling (propeller). Namun kendala drone ini sama seperti hexa copter yaitu batrai akan lebih cepat habis.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar